Hati-hati! Punya 7 Jenis Phobia Ini Bisa Membunuhmu

Kebanyakan orang pasti udah tahu apa itu phobia. Phobia adalah ketakutan yg berlebihan terhadap suatu hal. Kadang-kadang hal yg ditakutkan pun jga tdk masuk akal bagi orang lain.

Pada umumnya, phobia tertentu memang tdk berbahaya. Tapi bbrapa jenis phobia lainnya justru membahayakan & bahkan bisa mematikan! Berikut Ini ini bbrapa diantaranya.

1. Iatrophobia
Iatrophobia merupakan rasa takut berlebihan terhadap dokter. Utk bbrapa orang, pergi ke dokter bisa menimbulkan ketakukan yg berlebihan, serangan panik, bahkan mual. Kadang ketakutan penderita iatrophobia bisa sangat parah sampai-sampai mereka tdk mau ke dokter meski sedang sangat butuh bantuan dokter.

[​IMG]
Ilustrasi dokter yg menyeramkan [Image Source]

Tahun 2009, rasa takut John Dart terhadap dokter semakin meningkat sampai akhirnya ia memilih bunuh diri daridi pergi ke dokter. Sedangkan ia sbnrnya cuma perlu memeriksakan noda tdk berbahaya di hidungnya yg ia pikir merupakan sel kanker.
2. Heliophobia
Heliophobia merupakan ketakutan yg berlebihan terhadap sinar matahari. Mereka yg menderita heliophobia kerap kali merasakan sensasi sakit yg sbnrnya tdk benar-benar terjadi & merasa gelisah ketika terkena sinar matahari lngsng. Waspada terhadap paparan sinar matahari memang bisa mengurangi resiko kanker kulit.

[​IMG]
Ilustrasi takut dgn matahari [Image Source]

Penderita heliophobes bisa benar-benar menghindari sinar matahari sehingga membuat mereka kekurangan vitamin D. Akibatnya, kemampuan tubuh utk mengatur kalsium & menjaga tulang tetap sehat jadi semakin berkurang. Hal ini akhirnya malah meningkatkan resiko rakhitis, kanker, ato penyakit lain yg bahkan bisa mematikan.
3. Somniphobia
Somniphobia ato insomnia parah bisa terjadi krna takut kehilangan kontrol, ato krna mimpi buruk berulang-ulang. Bbrapa orang jga mengatakan bhwa takut meninggal dlm tidur bisa jadi alasan mengapa mereka takut tidur. Ironisnya, phobia ini sendiri bisa membuat mereka terbunuh.

[​IMG]
Somniphobia [Image Source]

Orang yg menderita somniphobes bisa tdk tidur sama sekali dlm 24 jam. Hal ini bisa merusak kesehatan mereka. Krng tidut bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan yg kadang bisa mematikan kaya tekanan darah tinggi, sakit jantung, & stroke.
4. Rhypopobhia
Setidaknya sebanyak 4 juta orang di UK merasa khawatir & ketakutan ketika harus memakai toilet umum. Bagi bbrapa orang, mereka bahkan takut ke toilet rumahnya sendiri. Gara-gara phobia ini, seseorang bisa menunda utk buang air sebisa bisa jadi krna khawatir & takut merasa sakit saat harus buang air.

[​IMG]
Emily Titterington [Image Source]

Contoh mematikan dari phobia ini ialah kasus yg dihadapi oleh Emily Titterington. Rasa ketakutannya begitu kuat sampai ia kerap sekali menahan buang air besar hingga 2 bln. Akibatnya, ususnya trs membesar & memberikan tekanan yg sangat kuat di organ dlm tubuhnya sehingga ia meninggal dunia krna serangan jantung di usia 16 tahun.
5. Mysophobia
Mysophobia ato ketakutan berlebih akan kuman kerap dikaitkan dgn OCD ato Obsessive Compulsive Disorder. Mereka begitu terobsesi utk membersihkan setiap benda yg ada di sekitarnya. Bahkan obsesi tersebut bisa mengganggu kehidupan sehari-hari & terkadang jga dgn konsekuensi yg fatal.

[​IMG]
Samantha Hancox [Image Source]

Salah satu contohnya merupakan yg terjadi dgn Samantha Hancox. Ia begitu takut terkena kuman sehingga ia hampir tdk pernah keluar rumah selama 18 tahun, menghabiskan waktu 20 jam sehari utk mandi, & jarang makan. Meski udah berusaha utk menyembuhkan kondisi psikisnya, tapi hal tersebut tdk berhasil & ia akhirnya meninggal dunia di usia 40 tahun.
Baca Jga : 5 Cerita Hantu Kampus yg Kisahnya Melegenda Seantero Indonesia
6. Cibophobia
Cibophobia membuat penderitanya takut makan sehingga sengaja menghindari makanan. Phobia ini bisa terjadi krna trauma kaya tersedak. Cibophobia jga kerap dihubungkan dgn bulimia, anorexia, & gangguan makan lainnya.

[​IMG]
Ilustrasi phobia makanan [Image Source]

Tahun 2007, seorang remaja bernama Charlotte Robinson pnya rasa takut yg luar biasa sehingga ia menderita anorexia yg parah. Cuma dlm waktu krng dari 1 tahun, beratnya turun drastis hingga cuma 38 kg, hampir setengah dari berat badannya yg sblmnya. Tubuhnya kmudian tdk sanggup lagi bertahan & ia meninggal pada tahun 2008 di usia 18 tahun.
7. Pantophobia
Phobia yg satu ini bisa sangat menyulitkan krna penderitanya akan merasa takut dgn apa aja yg ada di sekitarnya. Penderitanya akan merasakan ketakutan yg luar biasa, terkena serangan panik, detak jantung yg meningkat, berkeringat, & bahkan kesulitan berbicara. Dlm kasus yg ekstrim, bbrapa penderita bahkan bisa sampai kehilangan kesadaran.

[​IMG]
Ilustrasi pantophobia [Image Source]

Phobia ini kerap diasosiasikan dgn rasa takut yg trs menerus dengan sesuatu yang jahat & kejam, tapi tdk diketahui apa sumbernya. Hal ini jga kerap diasosiasikan dengan paranoia. Dokter jga mengatakan bhwa hal ini terkadang merupakan gejala schizoprenia. Yg menyedihkan, 60 persen penderitanya akhirnya bunuh diri.
Baca Jga : Jangan Dicoba! Inilah 7 Cara Melihat Hantu yang Kerap Dipraktikkan Orang Indonesia
Rasa ketakutan tersebut memang terdengar nggak masuk akal, tapi benar-benar nyata terjadi hingga mengganggu keseharian penderitanya. Krna itulah, penderita phobia harus segera ditolong supaya mereka bisa menjalani kembali hidupnya kaya biasa. Sumber : Boombastis.com | Phobia

 
tips sehat Hati-hati! Punya 7 Jenis Phobia Ini Bisa Membunuhmu, cara sehat Hati-hati! Punya 7 Jenis Phobia Ini Bisa Membunuhmu, kesehatan Hati-hati! Punya 7 Jenis Phobia Ini Bisa Membunuhmu, menjaga kesehatan Hati-hati! Punya 7 Jenis Phobia Ini Bisa Membunuhmu , fakta kesehatan Hati-hati! Punya 7 Jenis Phobia Ini Bisa Membunuhmu, penyakit berbahaya Hati-hati! Punya 7 Jenis Phobia Ini Bisa Membunuhmu, kolesterol tinggi Hati-hati! Punya 7 Jenis Phobia Ini Bisa Membunuhmu, menurunkan berat badan Hati-hati! Punya 7 Jenis Phobia Ini Bisa Membunuhmu, viral kesehatan Hati-hati! Punya 7 Jenis Phobia Ini Bisa Membunuhmu, resep dokter Hati-hati! Punya 7 Jenis Phobia Ini Bisa Membunuhmu, terhindar dari penyakit Hati-hati! Punya 7 Jenis Phobia Ini Bisa Membunuhmu

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment